Berbicara mengenai kualitas pendidikan di Indonesia penulis mencoba menkaji sedikit berdasarkan referensi yang didapatkan oleh penulis. Mengenai hal tersebut banyak rumor tersebar dimasyarakat bahwa kualitas tersebut masih terbilang rendah, hal ini tergambarkan pada masalah yang kontras dan sering terjadi dimana dunia pendidikan di Indonesia masih memiliki beberapa kendala yang berkaitan dengan mutu pendidikan di antaranya adalah keterbatasan akses pada pendidikan, jumlah guru yang belum merata, serta kualitas guru itu sendiri dinilai masih kurang. Terbatasnya akses pendidikan di Indonesia, terlebih lagi di daerah-daerah terpencil berujung kepada meningkatnya arus urbanisasi untuk mendapatkan akses ilmu yang lebih baik di perkotaan. Tidak hanya itu,
seperti yang kita ketahui bersama bahwa masalah lainnya adalah terbilang cukup banyak masyarakat Indonesia tidak memiliki basic pendidikan formal seperti pada umumnya atau tidak menyelesaikan pendidikannya secara penuh. Nah, dari hal tersebut membuktikan bahwa tingkat pendidikan secara kualitas maupun kuantitas masih perlu di benahi secara menyeluruh.
kemudian berdasarkan data statistik indoensia 2011 kita bisa melihat presentase tingkat pendidikan di indonesia pada diagram berikut :
Openness rank = 2634
excellence rank = 5414
Dari data di atas, membuktikan bahwa universitas terbuka juga mempunyai kualitas yang cukup bagus dan bermutu untuk menghasilkan mahasiswa dan alumni yang berkompeten. Kemudian, dilihat dari kontribusi yang sudah di capai oleh universitas terbuka dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah dilihat dari sistem pembelajarannya salah satunya adalah untuk ilmu keguruan dimana universitas terbuka membimbing seorang guru/ bukan calon guru yang dimana para mahasiswa untuk menuntut ilmu keguruan di universitas terbuka minimal harus memiliki pengalaman 1 tahun mengajar sebagai guru. berdasarkan hal tersebut secara otomatis univeritas terbuka membuktikan bahwa dapat berperan penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di indonesia.
Selain itu, seperti yang kita ketahui bersama bahwa universitas terbuka membuktikan lagi bahwa dapat berperan penting adalah dimana UT sangat memprioritaskan mahasiswa untuk belajar mandiri dan melalui sistem jarak jauh. Tidak hanya itu, banyak mahasiswa UT yang awalnya gaptek jadi tahu seperti apa penggunaan e-learning itu dalam pembelajaran sehari-hari. Jadi tidak hanya untuk belajar mandiri tetapi universitas terbuka juga secara otomatis memberikan pembelajaran mahasiswanya dalam hal penggunaan teknologi bidang informasi.
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”
seperti yang kita ketahui bersama bahwa masalah lainnya adalah terbilang cukup banyak masyarakat Indonesia tidak memiliki basic pendidikan formal seperti pada umumnya atau tidak menyelesaikan pendidikannya secara penuh. Nah, dari hal tersebut membuktikan bahwa tingkat pendidikan secara kualitas maupun kuantitas masih perlu di benahi secara menyeluruh.
kemudian berdasarkan data statistik indoensia 2011 kita bisa melihat presentase tingkat pendidikan di indonesia pada diagram berikut :
dari gambar diagram tersebut kita dapat melihat bahwa masih banyak masyarakat indonesia yang pendidikannya masih dibawah rata-rata, sehingga wajar saja tingkat pengangguran di indonesia sangat tinggi. Mengapa demikian? hal tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa tingkat pengangguran juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan jadi, semakin rendah tingkat pendidikan di indonesia maka semakin tinggi tingkat pengagguran yang ada, begitu juga sebaliknya. Selain itu, angka buta huruf berdasarkan usia juga telah tercatat oleh Badan Pusat Statistik ( BPS ) data 2011 dimana presentasenya adalah sbb:
Selain data diatas, berdasarkan grafik harmonisasi pertumbuhan penduduk terhadap kesempatan kerja , tidak sedikit masyarakat yang bekerja di bidang pertanian dan tidak banyak yang bekerja di bidang industri yang ditinjau dari tingkat pendidikannya. Perbandingannya dapat dilihat sebagai berikut :
Untuk lebih lengkapnya mengenai data-data tingkat pendidikan di Indonesia, anda dapat mengunjungi situs website BPS Indonesia sbb:
http://data.go.id/dataset/jumlah-penduduk-berdasarkan-tingkat-pendidikan-dan-jenis kelamin-per-kabupaten. atau http://bps.go.id/brs/view/1139
Nah, setelah membahas seperti apa kualitas di Indonesia, mari kita masuk pada pembahasan utama yaitu, kontribusi UT dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Tahukah anda?! bahwa data terbaru 2015 menunjukan universitas terbuka termasuk 100 universitas terbaik di Indonesia yang menduduki posisi ke-40 dengan rincian :
World rank = 2900
Presence rank = 2159
Impact rank = 2218Nah, setelah membahas seperti apa kualitas di Indonesia, mari kita masuk pada pembahasan utama yaitu, kontribusi UT dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Tahukah anda?! bahwa data terbaru 2015 menunjukan universitas terbuka termasuk 100 universitas terbaik di Indonesia yang menduduki posisi ke-40 dengan rincian :
World rank = 2900
Presence rank = 2159
Openness rank = 2634
excellence rank = 5414
Selain itu, seperti yang kita ketahui bersama bahwa universitas terbuka membuktikan lagi bahwa dapat berperan penting adalah dimana UT sangat memprioritaskan mahasiswa untuk belajar mandiri dan melalui sistem jarak jauh. Tidak hanya itu, banyak mahasiswa UT yang awalnya gaptek jadi tahu seperti apa penggunaan e-learning itu dalam pembelajaran sehari-hari. Jadi tidak hanya untuk belajar mandiri tetapi universitas terbuka juga secara otomatis memberikan pembelajaran mahasiswanya dalam hal penggunaan teknologi bidang informasi.
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar