Universitas terbuka memiliki beberapa sistem dalam pengelolaannya yaitu :
1. Sistem registrasi
2. Sistem pembelajaran dan
3. Sistem jaminan kualitas
Dengan rincian:
1. Sistem registrasi
*Persyaratan
- Registrasi mata kuliah
- Pendaftaran tugas akhir program (TAP)
*Biaya
*Jadwal
*Mahasiswa luar negeri
*Formulir
2. Sistem Pembelajaran
*Belajar mandiri
*Tutorial
*Ujian akhir semester
*Panduan karya ilmiah mahasiswa
3. Sistem jaminan kualitas
*Akreditasi BAN-PT
*Sertifikat kualitas ICDE
*ISO
#Berdasarakan
3 sistem yang dirancang diatas tentunya UPBJJ-UT Kendari khususnya,
menganggap dan berekspetasi tinggi dimana dapat menarik dan mengarahkan
masyarakat sekitar bahwa sistem yang ada dalam manajemen UT juga
memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan universitas-
universitas lainnya. Kemudian jika dilihat dari parameter penggunaan teknologi di dunia pendidikan, UPBJJ-UT Kendari adalah satu-satunya universitas di kendari yang menyediakan pendidikan jarak jauh dengan sistem online. Jadi, tidak hanya para lulusan SMA yang dapat bergabung namun orang-orang yang memiliki kesibukan dan jadwal padat juga sangat tepat untuk memilih UT sebagai wadah dalam memberikan pendidikan yang layak dan berkualitas.
memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan universitas-
universitas lainnya. Kemudian jika dilihat dari parameter penggunaan teknologi di dunia pendidikan, UPBJJ-UT Kendari adalah satu-satunya universitas di kendari yang menyediakan pendidikan jarak jauh dengan sistem online. Jadi, tidak hanya para lulusan SMA yang dapat bergabung namun orang-orang yang memiliki kesibukan dan jadwal padat juga sangat tepat untuk memilih UT sebagai wadah dalam memberikan pendidikan yang layak dan berkualitas.
#Kemudian
tidak hanya itu, berbicara mengenai penyediaan fasislitas UPBJJ-UT
Kendari menyediakan layanan informasi mengenai bantuan administrasi
akademik dalam perbaikan data dan penggantian kartu mahasiswa, dengan
rincian prosedure sebagai berikut:
1. Perbaikan data
a.
Akurasi data pribadi mahasiswa sangat penting karena akan digunakan
untuk data peserta ujian, penulisan ijazah/sertifikat, dan keperluan
pengiriman informasi atau dokumen.
b.
Mahasiswa dapat mengajukan perubahan data pribadi karena adanya
perubahan data ( misalnya alamat, nama, tempat, dan tanggal lahir
). Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa harus dilaporkan ke
UPBJJ-UT dengan tembusan ke BAAPM, menggunakan formulir perubahan
data pribadi ( dapat diakses di website resmi UT ).
2. Penggantian kartu mahasiswa
Bila
kartu mahasiswa hilang atau rusak, mahasiswa harus melaporkan dan
meminta penggatinya ke subbag pelma - BAAPM UT pusat dengan cara berikut
:
a. Menghubungi UPBJJ untuk mendapatkan LT pembayaran cetak duplikat kartu mahasiswa.
b.
Membayar biaya penggantian kartu mahasiswa dengan menggunakan LT
pembayaran cetak duplikat kartu mahasiswa BRI/BTN/MANDIRI.
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar